Saturday, February 13, 2016

Rajapala dan 7 Bidadari

Rajapala adalah seorang pria yang memiliki perkerjaan sebagai pemburu burung dan binatang untuk di jual di desanya yang berada di wilayah kerajaan wanakeling. Hari demi hari dia lalui sebagai pemburu untuk menghidupi kebutuhan hidupnya sendiri

Ya, rajapala adalah seorang yatim piatu, dia menghidupi dirinya sendiri dengan berburu, kehidupannya sungguh miskin hingga dia tidak punya teman hidup, padahal dia adalah orang yang tampan dan ulet dalam bekerja.

Pertemuan Rajapala dan 7 Bidadari

Pagi pagi Rajapala sudah bersiap untuk berburu ke hutan, setelah semua peralatannya lengkap Rajapala pun mulai berjalan dan memasuki hutan, menyusuri jalan setapak yang terjal dan rimbum bukan masalah bagi Rajapala, karna hutan itu sudah seperti rumah ke 2 bagi dia.
I durma
Rajapala dan 7 bidadari

Setelah memasuki hutan cukup dalam, Rajapala mulai berjalan dengan hati hati agar buruan yang ada tidak kabur,selang beberapa saat rajapala melihat burung yang indah, memiliki perawakan anggun seperti putri, dia berusaha menangkap hidup hidup burung tersebut, namun entah kenapa buru itu selalu lolos dari jebakan atau pun tulup, seoalah alam tak mengijinkannya untuk menangkap burung tersebut

Usah demi usaha dia lakukan untuk menangkap burung itu, namun tiada hasil, hingga akhirnya rajapala kelelahan dan beristirahat dibawah pohon pudak. Diantara bunyi burung burung yang indah dan suara angin, terdengar sayup sayup suara beberapa wanita yang sedang berbicara satu sama lain.

Rajapala pun berusaha mencari sumber suara tersebut, sampailah dia di sebuah telaga yang berada tidak jauh dari pohon pudak tempat dia beristirahat. Ternyata dia melihat 7 wanita cantik sedang mandi di dalam telaga tersebut, cantiknya melebihi putri bahkan ratu sekalipun.

Keinginan untuk memiliki salah satu wanita tersebut mendorong Rajapala untuk, menyembunyikan salah satu selendang wanita itu, dan memilih bersembunyi dengan memanjat pohon pudak. Berharap dengan menyembunyikan selendang itu, dia bisa memperistri salah seorang diantaramya.

Waktu berlalu, dan para wanita itu selesai membersihkan tubuhnya, satu persatu mulai mengenakan pakaiannya namun salah satu dari mereka kehilangan selendangnya, mereka pun berusaha mencari selendang tersebut. Namun tak ada hasil, karena keterbatasan waktu yang di berikan, para wanita itupun meninggalkan seorang diantara mereka. Seorang wanita berparas cantik, yang kemudian diketahui bernama ni sulasih.

Mereka semua adalah Bidadari yang turun dari khayangan untuk menikmati segarnya air di bumi, konon, dalam setiap waktu para penghuni khayangan mendapat kesempatan untuk turun ke bumi dalam beberapa saat. Para bidadari ini memilih mandi menikmati 'liburan' mereka dibumi.

Setelah sekian lama mencari selendangnya yang hilang sulasih pun merasa putus asa,dalam keputusaaan sulasih keluarlah rajapala dari persembunyiannya.

'Hai wanita cantik,namaku rajapala aku adalah seorang pemburu, apa yang kamu cari?' tanya rajapala
    'Aku mencari selendangku, nama ku sulasih wahai pemburu' jawab sulasih

Rajapala pun mengeluarkan selendang milik sulasih, sulasih merasa senang karena selendangnya sudah ditemukan. Ketika sulasih hendak mengambil selendangnya dari tangan Rajapala, Rajapala mulai memindahkan tangannya kebelakang tanda tak ingin mengembalikan. 

Merasa heran sulasih pun bertanya :

'Maaf, bisakah kamu mengembalikan selendangku, selendang itu sangat penting untukaku kembali ke tempatku'

'Tentu aku akan kembalikan selendang ini ke kamu, namun ada syaratnya' jawab rajapala

'Apa syaratnya? Aku bisa memberimu uang dan kekayaan'imbuh sulasih
'Apa yang bisa ku beli di tengah hutan seperti ini? Kekayaan seperti apa yang aku dapat didalam kesunyian hutan ini, aku tak butuh itu sulasih'keluh rajapala

Sulasih pun bingung, hal apa yang bisa membuat rajapala bisa mengembalikan selendang miliknya. Kemudian untuk memastikan keinginan raja pala, sulasih pun bertanya tentang keinginan rajapala 'lalu apa yang kamu inginkan?'

Rajapala menjawab 'aku sudah dewasa, tidak banyak hal yang aku inginkan di usiaku ini, aku hanya menginginkan seorang pendamping hidup, dan maukah kamu menjadi istriku, hanya dengan menjadi istriku, aku bisa mengembalikan selendangmu'

Sulasih pun setuju, tapi sulasih juga memiliki syarat yaitu setelah memiliki seorang anak, sulasih akan pergi ke khayaan dimana dia berasal. Tanpa pikir panjang, rajapala pun meng'iya'kan tanpa memikirkan apa yang terjadi kedepannya.

Pernikahan Rajapala Dan Sulasih

Setelah mereka berdua sepakat, merekapun pulang ke desa, dalam perjalanan, semua mata tertuju akan kecantikan sulasih.
Dengan rasa bangga rajapala menggandeng tangan sulasih menuju rumah nya, selang beberapa saat, pernikahan pun dilaksanakan.

Kehidupan sehari hari rajapala sangat membahagiakan, memiliki istri cantik yang rajin dan setia kepadanya semakin menumbuhkan kecintaan rajapala kepada sulasih, dalam setiap keterbatasan ekonomi rajapala, sering kali sulasih menggunakan kekuatannya untuk membantu perekonomian rajapala.

Mulai dari mengubah kendi beras menjadi kendi ajaib yang berasnya tidak pernah habis, hingga menyalakan api dengan instan. Namun diantara semua kebahagiaan Rajapala, sulasih juga diam diam mencari selendangnya, karena ketika mereka sudah mempunyai anak , Sulasih khawatir bahwa Rajapala akan mengingkari janjinya.

Kebahagiaan masih terasa dalam diri rajapala, dan kini kebahagiaan itu bertambah dengan hamilnya sulasih, namun di satu sisi Rajapala Pun memiliki kesedihan , ketika anak pertamanya lahir maka dia harus bersiap kehilangan istri yang sangat di cintainya.

Dalam hati rajapala, ia ingin mengingkari janjinya namun ia pun tak ingin terlalu egois terhadap istrinya, sementara itu, sulasih yang sedang mengambil beras tak sengaja menemukan selendang miliknya di dalam kendi beras tersebut. Sulasih pun menyimpannya di tempat yang dia tahu bahwa rajapala tak akan mengetahuinya.

Singkat cerita, anak mereka pun lahir, mereka menamainya I Durma. Didalam kebahagiaan itu sulasih pun mohon pamit untuk kembali ke khayangan.

'Bli rajapala, kini saatnya bli mengembalikan selendangku'

Tak bisakah kamu tinggal disini lebih lama, setidaknya sampai i durma besar'  kata rajapala

Janji adalah janji, aku ataupun kamu harus menepatinya bli, aku sudah tahu dimana bli menyembunyikam selendangnya, dan kini ijin kan aku pergi, jagalah anak kita sehingga tumbuh menjadi orang yang suputra'  setelah mengatakan itu sulasih pun pergi meninggalkan keluarga kecilnya.

Disinilah dimulai kesedihan kesedihan rajapala, sebuah penyesalan menghampiri rajapala bukan karena kelahiran anaknya ataupun kehilangan istri yang sangat dicintainya, melainkan karna terburu nafsu saat dulu ingin memperistri sulasih, tanpa memikirkan apa yang terjadi di masa mendatang.

Durma putra Rajapala

Cerita selanjutnya akan saya bahas di lain artikel, cerita yang penuh emosi dan airmata. Terima kasih telah membaca dan berkunjung di blog saya, silahkan boomark blog ini untuk memudahkan anda mengunjungi situs ini dikemudian hari.

13 comments:

  1. pesan moralnya: Jangan tergesa-gesa untuk mendapatkan sesuatu.

    hihi itu pesan moral yang ane dapet dari cerita ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. keren gan, bisa langsung tahu pesan moralnya , thumbs up

      Delete
  2. Sangat bagus ceritannya gan... bisa nambah ilmu... :D
    BY: Kang Rasid

    ReplyDelete
  3. Ceritanya menarik. saran saya gunakan foto yang baik di pandang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk iya gan sorry, cuman ada photo ini di google image

      Delete
  4. ijin copas ke word dulu bro biar bacanya enak

    ReplyDelete
  5. keren gan ceritanya ditunggu cerita berikutnya y gan

    ReplyDelete
  6. menarik sob ceritanya :) ditunggu cerita-cerita lainnya

    ReplyDelete
  7. http://beritamurnivip99.blogspot.com/2017/11/kulkas-dan-freezer-berbau-lakukan-hal.html
    http://beritamurnivip99.blogspot.com/2017/11/ketagihan-manisnya-kopi-instan-berujung.html
    http://beritamurnivip99.blogspot.com/2017/11/kentut-akan-dijadikan-terapi.html
    http://beritamurnivip99.blogspot.com/2017/11/wanita-as-tewa-usai-jalani-proses-sedot.html

    Tunggu Apa Lagi Guyss..
    Let's Join With Us At Dominovip.com ^^
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami :
    - BBM : D8809B07 / 2B8EC0D2
    - Skype : Vip_Domino
    - WHATSAPP : +62813-2938-6562
    - LINE : DOMINO1945.COM
    - No Hp : +855-8173-4523

    ReplyDelete
  8. Apa saja pesan-pesan yang terkandung dalam cerita ini? Tolong sebutkan 5 kalimat

    ReplyDelete