Wednesday, February 10, 2016

Tutorial cara optimasi Seo on page terbaru

Anda mungkin telah googling untuk mencari cara mengoptimalkan seo on page terbaru, namun yang anda temukan tidak lengkap atau hanya memberi beberapa tutorial tentang cara mengoptimalkan seo on page dengan sederhana dan lengkap.
tutorial cara optimasi seo onpage terbaru
By google images

Dengan membaca artikel ini, maka pencarian anda tentang tutorial seo onpage yang sederhana dan lengkap, sudah menemukan tempat yang tepat, karna disini saya akan menjelaskan secara lengkap tentang tutorial cara mengoptimalkan blog seo on page, seo on page adalah teknik seo yang berasal dari dalam laman blog atau website. selain seo on page, teknik seo lainnya adalah seo off page yaitu teknik seo yang berasal dari luar blog seperti google web master tools, tag manager dan lain lain

Jumlah minimal kata didalam artikel

Kebanyakan situs blog membahas tentang minimal jumlah kata per artikel dalam post adalah antara 500-1000 kata, bahkan ada yang menyebutkan 500-sebanyak banyaknya atau makin banyak jumlah makin baik seo text contet nya.

Namun,  hal itu keliru, keliru bukan berarti salah dan meskipun banyak blogger mengikuti cara tersebut dan berhasil, tapi, banyak waktu dan kata kata yang terbuang yang justru membuat optimalisasi seo page kurang maksimal.

Cara mengoptimalkan seo onpage terbaru

Disini saya akan menjelaskan secara rinci tentang optimasi seo on page terbaru, dengan cara mengoptimalkan judul post atau artikel , heading tag, optimasi kalimat dan paragraf, internal link ,dan eksternal link

Mengoptimalkan judul post atau post title tag

Judul post atau judul artikel merupakan hal yang paling penting, karena googlebot akan mencari judul terlebih dahulu sebelum isi post, jadi gunakanlah judul post dengan kata kunci yang paling banyak digunakan oleh calon pengunjung, caranya dengan memperkirakan atau menggunakan google keyword suggestion.

Sebagai contoh: kata kunci untuk artikel seo onpage yang terbaik adalah
cara optimasi seo onpage dan •tutorial optimasi seo onpage,

2 kalimat ini bisa anda gunakan sebagai judul artikel dan untuk menambah minat pengunjung , bisa anda tambahkan terbaru atau angka tahun dibelakangnya bisa juga anda tambahkan kata kata yang menurut anda paling menarik.

Optimasi seo text konten dengan tag heading, subheading dan minor heading

Tag heading h1 h2 h3 h4 h5 h6 merupakan salah satu teknik seo onpage yang harus diterapkan pada stiap blog, namun sayangnya teknik seo yang satu ini sedikit jarang yang mengetahuinya, terutama bagi blogger pemula. Pada teknik ini, google search akan mencari tag h1 lebih dulu lalu di ikuti oleh tag berikutnya

Untuk itu saya disimi ingin berbagi sedikit tentang fungsi tag dan optimasi tag h1 h2 h3 h4 h5 h6.
Bagi anda yang menggunakan template seo friendly, anda bisa melewati bagian ini

Fungsi tag header h1 h2 h3 h4 h5 h6

Fungsi tag header h1

digunakan pada judul blog untuk beranda blog (jika berada di homepage) dan berubah menjadi h2 pada halaman artikel anda jumlah karakter huruf pada tag h1 adalah tidak boleh terlalu pendek dan gidak boleh terlalu panjang, jumlah karakter huruf ya saya sarankan adalah antara 10- 20 huruf.

Fungsi tag header h2

Digunakan pada judul post atau artikel blog anda (jika berada di homepage) dan berubah menjadi h1 pada halaman artikel anda. Untuk optimasi tag h2, gunakan judul yang paling banyak di cari di google search menggunakan content keyword.

Fungsi tag header h3

Digunakan pada sub judul atau sub heading pada artikel dan pada widget blog anda. Optimasi hampir sama seperti tag h2 hanya saja judul tag h2 dan h3 harus memiliki perbedaan atau tidak boleh sama

Fungsi tag header h4

Digunakan pada minor heading dan artikel terkait 0 comment, tidak banyak blogger yang menggunakan tag ini, hal itu karena jumlah tag h1 dan h2 yang di ijinkan cukup untuk membuat artikel dengan 1000 kata

Fungsi tag header h5

Digunakan pada nama nama komentator dalam blog anda, tag h5 menunjukan kualitas blog atau kontent anda, itulah mengapa semakin banyak coment mak semakin baik kualitas kontent anda di mata google, tentu google juga memiliki kriteria tersendiri mengenai koment yang valid, jadi usahakan hapus koment yang terlalu pendek.

Fungsi tag header h6

Digunakan pada footer blog anda, misalnya powered by google

Blogger mendukung hingga 8 tag heading dan sub heading, langkah yang perlu dilakukan adalah dengan memberi tag heading h2 pada sub judul 1 dan sub kategori untuk sub heading

Optimasi kalimat dan paragraf di dalam kontent artikel

Kalimat dan paragraf dalam suatu artikel merupakan salah satu faktor penting untuk menyajikan artikel yang berkualitas bagi pengunjung, ingat filosofi tamu adalah raja, hal itu juga berlaku di blog atau web site manapun.
Optimasi seo text content anda dengan menggunakan bahasa baku dan tanda baca dalam setiap paragraf, hal ini memudahkan pengunjung untuk mengetahui isi konten anda. 
Sebagai contoh:bima memukul,budi dipenjara  tentu memiliki arti yang berbeda dengan bima memukuk budi di penjara. 
Jadi, penempatan tanda baca itu penting untuk mengetahui apa yang ingin di sampaikan penulis. Paragraf terdiri dari 4 atau lebih kalimat, dan akhiri paragraf dengan tanda (.) titik.
Berikan jarak antara satu paragraf dengan paragraf lainnya dengan menggunakan tab, jarak paling ideal adalah 1 tab. Jarak pada setiap paragraf dapat mempercantik isi konten dalam blog anda dan tentu enak dipandang oleh pengunjung

Optimasi Seo onpage internal link

Internal link adalah tautan dari halaman satu ke halaman lainnya yg ada di dalam blog anda, anda bisa dengan mudah membangun internal link dengan menambahkan link url post atau artikel anda ke dalam artikel lainnya dalam blog yang sama.

Hal yang harus anda perhatikan dalam membuat internal link adalah:
Jangan membuat tautan ke homepage
Jangan membuat tautan ke about atau contact us
Jangan membuat tautan ke artikel yang tidak relevan
Tambahkan 3-5 Tautan yang relevan

Optimasi seo onpage eksternal link 

Eksternal link adalah tautan dari halaman blog anda ke halaman blog atau web lain, disarankan untuk membuat eksternal link dengan blog atau web yang memiliki page rank yang lebih tinggi dan konten yang relevan , karena jika tidak, maka akan berdampak kurang baik untuk seo situs anda.

Optimasi seo dengan menambah alt images

Alt image juga merupakan bagian penting dalam suatu artikel untuk memudahkan perayapan, cara mudah menambah alt image adalah dengan mengklik photo dan pilih opsi properties kemudian isi semua kolom dengan judul yang relevan dengan konten, google adsense tidak menyukai konten dengan banyak photo, jadi pasang 1-3 photo dalam setiap artikel.

Optimasi seo meta tag discription

Hal kecil bisa mengakibatkan kerusakan besar, mungkin seperti itulah kata yang pas untuk tag meta, karna sedikit saja kesalahan maka bisa menurunkan kualitas seo onpage blog, jumlah huruf yang paling ideal untuk meta tag adalah antara 70 sampai 500 kata. Namun penggunaan kata yang sesuai dengan niche blog bisa memaksimalkan meta tag.

Selain itu masih ada lagi beberapa teknik seo on page, yang akan saya tulis pada kesempatan lainnya. Silahkan kunjungi artikel menarik lainnya pada blog saya dan terimakasih sudah berkunjung


No comments:

Post a Comment